Pada versi ini ada tambahan video cara setting karburator (pada bagian bawah).
Karena masih ada dan malah banyak yang tidak tahu tentang jetting karburator, saya coba ulas lebih lengkap.
Setting karburator dilakukan dengan melakukan adjustment pada :
1. Ukuran pilot jet
2. Ukuran main jet
3. Posisi klip needle jet
4. Setelan bukaan udara
5. Setelan stasioner
Setting karburator dilakukan dengan melakukan adjustment pada :
1. Ukuran pilot jet
2. Ukuran main jet
3. Posisi klip needle jet
4. Setelan bukaan udara
5. Setelan stasioner
Pada bukaan gas
3/4 hingga full yang berperan adalah pilot jet dan main jet. Jadi yang
mau nambah top speed, ganti pilot jet dan main jet. Tinggal beli pilot
jet dan main jet baru yg ukurannya lebih besar, terus pasang
menggantikan yg lama. Ukuran dratnya sama, yg beda adalah ukuran lobang
ditengahnya. Jadi tak ada masalah gonta-ganti MJ/PJ asal speknya memang
buat karburator yang sama(Mikuni).
Untuk setting irit, optimum atau boros ada pada posisi klip dan setelan stasioner. Bukan pada sekrup bukaan udara. Sekrup udara hanya digunakan untuk mengatur agar pembakaran sempurna (busi warna merah bata).
Jadi tetapkan
dulu MJ, PJ dan posisi klip. Posisi klip standard adalah ditengah. Kalau
sudah OS 150 – 200 terus mau irit, clip bisa naik ke posisi kedua dari
atas. Kalau paling tinggi, khawatir terlalu irit. Kalau irit, blok
gampang overheat dan piston-ring bisa macet saat dipake ngebut. Kecuali
dipake ibu2 buat ke pasar doang, bolehlah disetel irit habis .
Selanjutnya
melakukan penyetelan bukaan udara agar campuran bensin-udara hasilnya
optimum. Tanda campuran optimum adalah warna busi merah bata(pembakaran
hampir sempurna).
Cara penyetelan bukaan udara :
1. Putaran sekrup stasioner searah jarum jam hingga stasionernya tinggi, atau dengan menaikan jarum skep lewat mur pada kabel. Memutar spekrup stasioner searah jarum jam menyebabkan needle jet terangkat. Sama dengan membuka gas, membuka gas menyebabkan needle jet terangkat. Kenapa harus tinggi dulu? Karena nanti bukaan udara akan ditutup habis, kalau needle jet tidak cukup terangkat maka mesin jadi mati. Jadi needle jet harus cukup terangkat dulu.
1. Putaran sekrup stasioner searah jarum jam hingga stasionernya tinggi, atau dengan menaikan jarum skep lewat mur pada kabel. Memutar spekrup stasioner searah jarum jam menyebabkan needle jet terangkat. Sama dengan membuka gas, membuka gas menyebabkan needle jet terangkat. Kenapa harus tinggi dulu? Karena nanti bukaan udara akan ditutup habis, kalau needle jet tidak cukup terangkat maka mesin jadi mati. Jadi needle jet harus cukup terangkat dulu.
2. Putar sekrup
bukaan udara searah jarum jam hingga masuk mentok(menutup). Selama
diputar, langsam/stasioner akan menurun. Bila mesin jadi mati, buka
sekrup udara 2 putar, kembali ke langkah pertama dan tambahkan
langsamnya.
3. Putar sekrup bukaan udara berlawanan jarum jam(membuka), secara perlahan-lahan.
Amati suara stasionernya(suara knalpot/mesin), stasioner akan semakin
tinggi seiring sekrup udara dibuka secara perlahan. Putar terus secara
perlahan-lahan, dan berhenti saat stasioner tidak mau naik lagi.
Kemudian putar sekrup bukaan udara searah jarum jam sebanyak 1/4
putaran.
4. Putaran
sekrup stasioner berlawanan jarum jam hingga stasionernya turun. Pilih
stasioner yang cocok. Stasioner yang cukup/tinggi menyebabkan mesin
responsif tapi boros bensin, stasioner yang kurang/rendah menyebabkan
bensin irit tapi jadi kurang resposif(kurang tenaga). Selesai sudah
jetting karburator-nya.
Kalau sekrup
stasioner sudah dibuka banyak atau sampai habis tapi idle-nya ngga mau
turun2, itu tandanya jarumnya menggantung. Biasanya disebabkan setingan
kabel gas-nya terlalu boros.
0 komentar:
Posting Komentar
Irengan julukanku oraberarti sesat aliranku.
Mori cekalnku oraberarti setan panutanku.
PersaudaraaN landasanku.
wong SH terate gak wedi sopo-sopo kecuali gusti allah lan wong tuo